img_head
BERITA

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila di Pengadilan Agama Pasarwajo

Jun02

Konten : berita humas
Telah dibaca : 100 Kali


Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 318/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 30 Mei 2018, menginstruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara. Maka pada tanggal 1 Juni 2018 di halamanan gedung Pengadilan Agama Pasarwajo telah diadakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh seluruh Hakim, seluruh pegawai, serta pejabat struktural maupun fungsional.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Pasarwajo Bapak Marwan, S.Ag., M.Ag. sekaligus membacakan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia.

Dalam sabutannya Presiden pada peringatan Harlah Pancasila berpesan tentang pentingnya semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Upacara peringatan hari lahir Pancasila ini, kata Beliau membacakan sambutan Presiden Joko Widodo, untuk meneguhkan komitmen bersama agar lebih mendalami menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara karena Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945.

Dan rumusan final Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan seluruh elemen.

Semangat berbagi antar anak Bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur Bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan social bagi seluruh rakyat, jelas KPA  membacakan sambutan Presiden Joko Widodo.

Akhir kata saya ucapkan selamat hari Pancasila. Kita Indonesia kita Pancasila semua, anda Indonesia semua, anda Pancasila, saya Indonesia dan saya Pancasila," pungkasnya. (.e.y.)

  • Galeri