X

SIDANG DI LUAR GEDUNG DI KABUPATEN BUTON SELATAN

  • 26 November 2019
SIDANG DI LUAR GEDUNG DI KABUPATEN BUTON SELATAN

 

 

Pada hari Senin, tanggal 25 November 2019, PA Pasarwajo bekerja sama dengan Kemenag Buton Selatan melaksanakan sidang di luar gedung bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Buton Selatan. Itsbat Nikah ini diikuti oleh 39 pasang yang berasal dari Kecamatan Siompu barat, Kecamatan Siompu dan Kecamatan Batauga.

program Itsbat nikah ini merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya pemerintah dalam menjawab tuntutan dan tantangan jaman terhadap persoalan social termasuk dalam hal pelayanan pengadaan akta nikah bagi pihak yang belum memiliki buku kutipan akta nikah, karena itu akta nikah ini penting artinya bagi kita semua, sebuah pernikahan harus tersirat, juga harus tersurat “. Demikian salah satu pernyataan Bupati Buton Selatan (H. La Ode Arusani) yang diwakili oleh asisten I dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi acara itsbat nikah tersebut.

 

bersama bapak asisten I mewakili Bupati Buton Selatan dan kepala Kemenag Buton Selatan

Bapak kepala Kantor Kementerian Agama Buton Selatan Drs. H. La Rija menyatakan dalam sambutannya bahwa kewenangan KUA adalah menikahkan dan pernikahan itu gratis kalau dilaksanakan di Kantor KUA setempat, karena itu, masyarakat jangan sungkan untuk melaporkan pernikahannya supaya tidak terjadi itsbat nikah semacam ini. Akibatnya kita semua yang repot, anak-anak kita butuh buku nikah saat ada pendaftaran atau lainnya, karena itu sekali lagi saya berharap bahwa dengan adanya kerjasama dengan Pengadilan Agama Pasarwajo dalam pelaksanaan itsbat nikah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Nanti setelah terbit penetapan dari Pengadilan Agama Pasarwajo, segera bawa penetapan lalu serahkan ke KUA setempat untuk diterbitkan buku nikahnya.

“insya Allah target kita ke depan bahwa Itsbat nikah untuk Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah akan terus dilaksanakan sampai tahun 2020, dan tahun 20121 sudah tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki buku nikah, semuanya sudah terdaftar pernikahannya” demikian kata kunci Ketua Pa Pasarwajo Marwan, S. Ag., M. Ag. Dalam sambutan singkatnya.

Sesuai dengan target, Alhamdulillah dari 39 pasang yang mengitsbatkan pernikahannya, 35 dikabulkan, sisanya ada yang digugurkan dan dicabut. Sidang itsbat nikah berakhir pada pukul 14.00 Wita.

Oleh karena adanya program one day minuts dan oneday publish, maka tim Itsbat nikah dari PA Pasarwajo segera langsung meluncur kembali ke Kantor untuk mengejar target penginputan perkara di SIPP. Alhmadulillah sampai Pukul 20.00 WIT, semua perkara dapat diminutasi dan terupload ke SIPP. (by the yess tim, 01)

Related

Share