X

TIM SURVEILLANCE APM JILID II TIBA DI NEGERI KHALIFATUL KHAMIS PENGADILAN AGAMA PASARWAJO

  • 29 November 2019
TIM SURVEILLANCE APM JILID II TIBA DI NEGERI KHALIFATUL KHAMIS PENGADILAN AGAMA PASARWAJO

Untuk kedua kalinya, hari Kamis, tanggal 28 November 2019, tim surveillance Badilag kembali melaksanakan evaluasi implementasi APM di PA Pasarwajo yang dipimpin oleh Ibu Karyarini Fatonah, SH  di dampingi assesor ekserternal dari PTA Kendari bapak Drs. Abd Samad.

Acara sambut tamu secara adat digelar didepan kantor PA Pasarwajo dengan tarian adat buton (tarian mangaru) dirangkaikan pemakaian selendang (untuk wanita) dan kampurui (untuk laki-laki) oleh ibu Ketua Dharmayukti Karini (St.Marliah Marwan) dan Ketua PA Pasarwajo (Marwan, S.Ag., M. Ag) sebagai  Simbolisasi secara adat yang menunjukan kerelaaan tua rumah menerima tamu yang dihormati sekaligus tanda siap menerima arahan dan bimbingan serta petuah dari tamu pimpinan.

Pemakaian Selendang Oleh Ketua Dharmayukti Karini PA. Pasarwajo (St. Marliah Marwan)

Acara evaluasi dilaksanakan di ruang COMAND CENTER PA Pasarwajo yang disetting sebagai pusat media center dan aula pertemuan, dan dalam cara ini dihadiri oleh Ketua PA Pasarwajo (Marwan, S. Ag., M.Ag), wakil Ketua (sholihin, S.Ag., MH.), para hakim, Panitera, Sekretaris, para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh karyawan/I dan ibu-ibu dharmayukti karini cabang Pasarwajo.

dalam paparannya melalui slide yang berjudul “Implementasi APM di PA Pasarwajo”, ketua PA Pasarwajo menyampaikan ucapan selamat datang atas kunjungan tim survelance II 2019 di PA Pasarwajo, bumi Khalifatul Khamis, moga survelance kali ini memberikan hasil terbaik bagi tim APM PA Pasarwajo. Selain itu, Ketua PA Pasarwajo menyampaikan juga visi misi dan program2 yang telah dicapai serta beberapa inovasi yaitu audio visual non gratifikasi serta survey SKM online, juga beberapa pengembangan sarana prasanan pendukung dalam pelayanan public.

Dalam sambutannya, ibu lead assessor menyampaikan tujuannya dalam kunjungan kali ini yaitu berkat adanya akredatasi, kami dan tim bisa bersilaturahim dengan keluarga besar PA Pasarwajo sekaligus  melaksanakan tugas dari bapak Dirjen Badilag Nomor  Nomor 583/DJA/Kp.01.1/XI/2019 tanggal 25 November 2019 tentang observasi APM atas PTA Sulawesi Tenggara dan PA Pasarwajo.

“ sebelum acara ini tadi, saya sudah keliling dan melihat sarana dan prasarana PA Pasarwajo, termasuk telusur dokumen yang terkait dengan eviden APM II 2019, saya melihat kemajuan dan perkembangan yang cukup signifikan dengan beberapa sarana dan prasarana yang sudah menggambarkan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan” tutur ibu lead assessor.

Dalam sesi Tanya jawab, ibu lead assessor melontarkan beberapa pertanyaan khususnya kepada Ketua APM, Panitera dan sekretaris. Kepada Ketua APM ditanyakan perihal bagaimana dan dengan media apa menganalisa manajemen resiko di PA Pasarwajo?. Oleh Ketua APM dijawab bahwa item resiko dikumpul dari beberapa sumber seperti terkait dengan masalah pelayanan pemanggilan pihak dari informasi Jurusita pengganti dalam hal kendala di lapangan saat melakukan pemanggilan, termasuk memahami kondisi alam wilayah yuridiksi PA Pasarwajo serta transportasi yang digunakan saat pemanggilan, termasuk memahami regulasi-regulasi baru terkait tupoksi yang ada. Oleh karena itu, media yang digunakan untuk menjawab dan menganalisa resiko tersebut disampaikan melalui rapat berkala dan rapat rutin, bahkan melalui grup WA sekaligus mensosialisasikan program yang ada.

“apa tindakan sekretaris dalam mensosialisasikan 5 R?” Tanya ibu lead assessor pada sekretaris PA Pasarwajo, yang dijawab dengan tegas bahwa seperti program kebersihan dilakukan pengawasan melalui check list dan pantauan pengawasan kebersihan oleh atasan langsung, juga dilakukan sosialisasi setiap pertemuan dan dipasang  bingkai 5 R di tiap meja kerja/dinding masing-masing ruangan;

Terkait 9 aplikasi prioritas badilag, dijawab dengan tegas oleh saudara Muhammad Tanzail, SH. Sebagai penangungjawab IT bahwa 9 aplikasi local (e-Keuangan, e-Register, e-PNBP, e-Notifikasi perkara, e-comand center dan antrian sidang) sudah terpasang dan digunakan, tinggal 3 aplikasi online yaitu informasi perkara (sudah berhasil diakses), basis data terpadu kemiskinan (sudah bisa diakses) dan yang masih menunggu username dan paswor dari badilag yaitu e-Eksaminasi;

Penyerahan Kontrak Kerja Dari Ibu Karyarini Fatonah, SH selaku surveillance Badilag kepada Ketua PA. Pasarwajo Bapak Marwan, S.Ag.,M.Ag

Dalam sesi kesimpulan, tim assessor menyampaikan beberapa hal;

  1. Dari hasil observasi, mohon segera ditindaklanjuti paling lambat tanggal 28 Desember 2019 terutama terkait dengan manajemen resiko, sasaran mutu, pengkodean yang seragam, praktek 5 R dan sarpras seperti kebersihan dan kerapian yang harus terus dijaga. Hal-hal yang kurang dilengkapi dan dibenahi melalui rapat tinjauan manajemen;
  2. Tindak lanjut kontrak kinerja sudah dilakukan, saya berharap selalu dilakuan evaluasi setiap triwulan, dan hasil kontrak kerja 2018 tentang maklumat pelayanan, disiplin pelayanan dan kecepatan pelayanan sudah ditindaklanjuti, kecuali tentang ruang tunggu yang harus diperlua dan menambah volume ruang sidang. Untuk kedua terakhir diharapkan sekretaris melakukan pengusulan tambahan ruangan dan volume biaya sidang keliling.
  3. Saya bangga, sekalipun pegawainya sedikit, tetapi prestasi dan progress SIPP mampu diselesaikan tepat waktu. Ini harus terus dipertahankan dan selalu ditingkatkan,
  4. Setiap JSP melaksanakan tugas, dbuatkan surat tugas sehingga saat melaksanakan tugas dapat dipertanggungjawabkan dan juga membantu ybs dalam menghadapi kendala dilapangan;
  5. Jangan saat sidak atau evaluasi saja kelihatan baik, kalau tidak ada kembali ke asal, saya berharap terus melakukan perbaikan dan tingkatkan progresnya.
  6. Sekalipun berada di ujung pulau, terpencil, tapi munculkan mutiara bernilai dengan berinovasi demi kinerja PA Pasarwajo.
  7. Kunci kesuksesan adalah komunikasi, koordinasi dan kerjasama

Related

Share